Kamis, 14 Januari 2016

Video Ericson 

scene 1 : komunikasi gambar dinding, batu bertumpuk, dan  kobaran api

komunikasi dilakukan dengan kode berupa gambaran masa lampau, batuan ataupun bara api
komunikasi ini dilakukan pada zaman dulu secara berkelompok bukan komunikasi antar individu manusia. beberapa kelompok menyepakati kode tumpukan batuan yang menandakan anggota kelompok tersebut berada atau pernah singgah di tempat tertanda. begitu juga dengan kode gambar setiap kelompok memiliki gambar kode tersendiri untuk menandai tempat mereka.
Denoan - Calon wartawan
(Posted on April 2, 2009 by DENOAN)
Cara berkomunikasi melalui gambar dan patung ditunjukkan pada tahap kebudayaan Paleolitik muda. Dalam tahap ini terbagi lagi menjadi empat periode kebudayaan yaitu, Aurignacian, Gravettian, Solutrean, dan Magdalenia. Tahap paleolitik muda ini diawali dengan periode Aurignacian, 34.000 sampai 30.000 tahun yang lalu. Walaupun tidak terdapat gua-gua bergambar yang diketahu berasal pada periode tersebut, orang-orang sudah membuat manik-manik kecil dari gading. Mereka juga menghasilkan patung-patung manusia dan hewan yang sangat halus, yang biasanya diukir pada gading.
Masyarakat periode Gravettian, 30.000 sampai 22.000 tahun yang lalu adalah yang pertama membuat patung lempung. Sebagian berbentuk hewan sebagian berbentuk manusia. Lukisan gua pada masa periode ini sangat jarang. Tetapi cetakan negatif telapak tangan telah ditemukan di beberapa gua. Meskipun demikian inovasi Gravettian yang paling terkenal adala patung-patung perempuan yang sering tanpa roman muka dan betis. Patung ini terbuat dari tabah liat, gading, atau kapur, dan ditemukan di sebagian eropa.

komunikasi ini dilakukan ketika mereka berpindah tempat atau terdapat anggota suku/ kelompok yang merantau. bisa dikatakan bahwa ini merupakan awalmula terjadinya komunikasi jarak jauh yang menggunakan media perantara baik berupa gambar, batu bersusun, patung, kobaran api bahkan kepulan asap.
dari asal mula api yang berkobar teknologi ini berkembang dan sekarang dijadikan sebagai sonar cahaya. sedangkan gambar yang terdapat di goa berkembang menjadi sebuah prasasti(banyak digunakan ketika zaman kerajaan) dan juga sebagai tanda/ mark pembangunan sebuah gedung.

scene 2 : teknologi komunikasi 1 [cahaya dan suara (perantara padat)]

teknologi yang berkembang sudah seperti sandi morse walaupun alatnya masih sangat sederhana yaitu berupa katup yang memipih (horizontal)dan vertikal. katup ini masih sangat terbatas sesuai dengan komunikasi jarak jauh yang sangat penting saja. dari katup yang berupa sandi supaya mempersingkat komunikasinya berkembang pada teknologi suara karena suara dapat dihantarkan melalui benda padat, sementara gambar katup tersebut hanya bisa dilihat saja. karena bumi ini bulat maka manusia dibelahan bumi lain tidak bisa secara langsung menerima informasi tersebut. maka dari itu terciptalah telegraph dengan sandi berupa suara. sandi dari telegraf ini bernama sandi morse.
Telegraf - Morse
Kode morse adalah kode yang menggunakan kombinasi suara panjang (dinyatakan dengan simbol garis) dan suara pendek (dinyatakan dengan titik) untuk menyatakan sebuah huruf, sebuah angka, ataupun tanda-tanda yang lain.
Pada sistem telegraf, suatu pesan akan diterjemahkan menjadi sederetan kode morse. Kode tersebut selanjutnya dikirim melalui kawat peghubung sebagai media perantara dan diterima oleh bagian penerima. Pada bagian penerima, kode-kode tersebut diterjemahkan kembali menjadi pesan seperti aslinya.

selain suara teknologi telegrap ini juga diterapkan untuk cayaha. komunikasi jarak jauh yang berdekatan seperti antar kapal laut yang sedang berperang atau bertemu dilautan. lebar tipisnya cahaya merupakan sandi morse untuk teknologi ini.
Kode Morse
Cahaya yang mengandung morse akan memiliki suatu durasi panjang dan pendek. Durasi panjang dan pendek itu akan mewakilkan garis dan titik pada kode morse.
Durasi cahaya yang pendek mewakili titik   ( . )
Durasi cahaya yang panjang mewakili garis ( - )

dicontohkan divideo berupa kode "sos" yang dihasilkan dari morse cahaya. kode ini menandakan si pembuat membutuhkan pertolongan. pada teknologi ini sudah dapat digunakan oleh antar kelompok kecil dalam suatu kelompok yang besar atau beda kelompok besar lainnya.

scene 3 : teknologi komunikasi 2 [suara (perantara gelombang udara)]

muncul yang dinamakan gelombang radio, yang bergelombang 0-100. komunikasi radio ini masih digunakan anatara individu dalam suatu kelompok kecil yang menyepakati frekuensi yang sama. gelombang radio ini jangkauannya relatif sempit untuk memperluas diperlukan sebuah pemancar di ketinggian supaya menjangkau wilayah yang luas. karena berkembang komunikasi radio digunakan untuk komunikasi pasif atau hanya pemberi informasi tanpa bisa ditanyai sebuah informasi yang disajikan. kombinasi dari teknologi telegraf dan radio menghasilkan komunikasi non darat. sehingga bisa digunakan untuk komunikasi militer saat itu baik AD, AL, dan AU.

dari teknologi radio ini antar individu dapat berkomunikasi dengan alat yang dinamakn telepon. pada saat itu telepon masih menggunakan kabel dengan pemancar kotak yang berat dan desain yang kurang begitu menarik. pemancar tersebut mencari pemancar yang lebih besar untuk dihubungkan. pada tahun 1951 sudah terdapat telepon pada kendaran roda 4 dengan desain yang lebih menarik dan lebih sederhana dari yang sebelumnya. komunikasi telepon ini juga masih menggunakan jaringan gelombang radio sehingga harga masih relatif mahaal.


scene 4 : teknologi komunikasi 4 [Handphone]

Handphone atau telepon genggam yang besar mulai muncul berkat ericson. ide ini merupakan kelanjutan dari alat komunikasi telepon yang bisa dibawa kemanapun namun memiliki ukuran yang besar dengan beban yang cukup berat. menggunakan chip yang lebih kecil dan gelombang radio. semakin bekembang teknologi telepon genggam yang memiliki berbagai fitur dan manfaat tidak hanya untuk komunikasi aktif saja tapi juga bisa untuk komunikasi pasif. komunikasi pasif berupa menonton acara konser televisi. teknologi ini masih dengan desain yang sedrhana dan bentuk yang masih agak besar untuk fungsi yang sederhana. selain komunikasi lewat suara handpone ini berkembang untuk pesan komunikasi lewat tulisan atau "SMS". berkembang pula untuk pengiriman pesan berupa gambar dan suara. Seiring bertambah tahun tidak hanya bisa untuk komunikasi pasif saja, dari kebiasaan menonton video dapat dilakukan komunikasi aktif pesan video, dan pemanggilan video secara langsung.

dari yang dulunya masih menggunakan telepon rumah untuk komunikasi video langsung maupun pesan video seiring bertambahnya tahun bisa melalui internet dari media komputer besar hingga komputer yang bisa digenggam(handpone). dan sekarang tidak hanya untuk komunikasi saja handphone juga bisa berfungsi sebagaimana komputer yang berukuran besar dengan harga yang mahal tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar